Search

Selasa, 25 Januari 2011

ADA Band

Latar belakang
Lahir Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis Musik Pop
Tahun aktif 1996 - sekarang
Perusahaan rekaman EMI Music Indonesia
Anggota
Suriandika Satjadibrata (bass & backing vocal)
Marshall Suryarachman (gitar)
Donnie Sibarani (vokal).
Mantan Anggota
Ibrahim Imran (Baim)
Iso Eddy H
Rama Yaya Muktio
Krishna Balagita (keyboard/piano)

ADA Band adalah sebuah grup musik asal Indonesia, beranggotakan Donnie Sibarani (vokalis), Marshal Suryarachman (gitaris) dan Suriandika Satjadibrata (bassis). Mereka melejit melalui lagu-lagu seperti Masih, Langit Tujuh Bidadari, dan Karena Wanita (Ingin Dimengerti). Kebanyakan lagu mereka mengandung unsur percintaan.

Perjalanan karier

  • Ada Band terbentuk pada tahun 1996, dengan anggota Ibrahim Imran (Baim) pada gitar & vokal, Iso Eddy H (Iso) pada keyboard & backing vocal, Elif Ritonga (E'el) pada drum, dan Khrisna Balagita (Khrisna) pada keyboard/piano. Pada tahun 1997, ADA Band merilis album pertama dengan judul "Seharusnya". Lagu "Seharusnya" menjadi andalan dalam album perdana mereka.
  • Mereka merilis album kedua, setelah vakum selama 2,5 tahun, berjudul "PerADAban 2000" di bulan Juli 1999. Lagu di album ini antara lain lagu “Oughh...!!!”, “Bilakah?”, dan “Tinggalkanlah Cinta”. Setelah album kedua, Iso dan E'el hengkang dari ADA Band.
  • Rama Yaya Muktio kemudian bergabung sebagai drumer menggantikan E'el. Mereka merilis album ketiga di bulan Maret 2001 berjudul "Tiara". Lagu yang terdapat dalam album ini antara lain “Tiara”, “1000 Bayang”, “Salahkah?”, dan “Belenggu & Cinta”. Bulan Desember 2001, Baim menyusul Iso dan E'el hengkang dari ADA Band.
  • Setelah dua tahun vakum, awal tahun 2003, ADA Band kembali menggebrak dengan formasi Khrisna Balagita pada keyboard/piano, Dika Satjadibrata pada bass & backing vocal, Rama Yaya Muktio pada drum, Marshall Suryarachman pada gitar, Donnie Sibarani pada vokal. Dengan formasi ini, ADA Band merilis album "Metamorphosis", dengan lagu unggulan antara lain “Masih (Sahabatku Kekasihku)”, “Seberkas Kisah Lalu”, & “Manja”. ADA Band juga mendapat pengakuan atas kebangkitan mereka dengan muncul diberbagai ajang penghargaan musik, di antaranya dinominasikan dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2003 (dalam 4 kategori) sampai dengan Clear Top 10 Awards 2003 (dalam 3 kategori). Selain formasi baru, album ini juga berada di bawah label yang baru yaitu EMI Music Indonesia.
  • Untuk penutup tahun 2003, ADA Band mengumpulkan semua album ADA Band yang lama dalam sebuah album bertajuk The Best Of ADA Band – Discography. Album ini berisikan lagu-lagu yang membawa ADA Band menjadi terkenal seperti saat ini.12 (dua belas) lagu menghiasi album ini, termasuk 2 (dua) lagu romantis khas ADA Band.
  • Awal 2004, Rama terkena musibah, mobilnya menabrak dan dirinya luka parah. Kondisi tubuhnya yang tidak memungkinkan, akhirnya membuat Rama juga harus hengkang dari ADA Band. Sepeninggal Rama, ADA Band terpaksa berjalan walau hanya dengan 4 personel. Dibantu beberapa Additional Musicians, pada 2005 ADA Band merilis "Heaven of Love", dan "Romantic Rhapsody" pada awal 2006, serta "Cinema Story" pada pertengahan 2007.
  • Dalam album "Heaven of Love" terdapat 12 lagu baru. Donny berduet dengan Gita Gutawa, putri musisi Erwin Gutawa dalam lagu "Yang Terbaik Bagimu". Sedangkan lagu "Manusia Bodoh" terpilih menjadi single pertama album ini. Video klip "Manusia Bodoh" telah digarap dengan apik oleh Eugine Panji dibawah bendera Human Plus Production. Heaven of Love berhasil mencatat angka penjualan lebih dari 300 ribu kopi dalam waktu lima bulan. Dan mereka berhasil mendapat penghargaan double platinum. Enam bulan kemudian, mereka mendapat penghargaan Quadruple Award atau penghargaan karena mendapat 4x Paltinum (di Indonesia, setiap 150 ribu kaset yang terjual akan mendapat platinum). ADA Band mendapat penghargaan tersebut karena berhasil meraih penjualan 600 ribu kopi.
  • Album "Romantic Rhapsody" berisi 12 lagu yang masih bertemakan cinta. Album ini didukung penuh oleh PT. Softex Indonesia bekerja sama promosi dengan EMI Music Indonesia. Single “Karena Wanita (Ingin Dimengerti)” menampilkan 3 dari belia Disa Oriana, Sabrina Salsabilah dan Kartika Indah Pelapory, para bintang muda film D’Girlz Begins garapan Tengku Firmansyah. Single “Jalan Cahaya” featuring Ubiet bernuansa religius namun tetap menampilkan beat cantik ala ADA Band.
  • Di album "Cinema Story", Ada Band menyuguhkan 12 lagu, 6 di antaranya merupakan lagu terbaru mereka yang dibuat berdasarkan skrip skenario dari film terbaru Multivision Pictures (MVP) yang berjudul “Selamanya”. Lagu 'Nyawa Hidupku' dan 'Akal Sehat' dijadikan single andalan mereka di album ini.
  • Album 2008 berjudul "Harmonius". Berisi 11 lagu baru dengan hits single "Baiknya". Tapi pada album terbaru ini, lagi-lagi Ada Band harus kehilangan satu personil lagi yaitu Khrisna Balagita. Walaupun Ada Band tetap menyajikan lagu-lagu romantis, rasanya masih ada yang kurang sepeninggal Khrisna dari Ada Band.
  • Album terbaru Ada Band di tahun 2009 ini berjudul "Mystery of Musical". Berisi 7 lagu baru dan 5 lagu yang diambil dari album "Cinema Story" dan "Harmonious". Dengan single PEMUJAMU. Meskipun cuma bertiga, band ini masih mampu menghadirkan musik yang bertema cinta dengan genre yang berbeda dari album-album sebelumnya.

Album

Seharusnya merupakan sebuah album musik pertama karya ADA Band. Dirilis pada tahun 1997. Lagu utamanya ialah Seharusnya. Sayangnya, meskipun nama mereka sudah cukup dikenal karena album ini, eksistensi mereka sempat ‘terhenti’ lumayan lama, bahkan banyak yang mengira kalau mereka sudah bubar, sehingga nama mereka pun pelan-pelan mulai dilupakan.
  1. Seharusnya
  2. Bersamamu
  3. Jangan Pernah Engkau Lupa
  4. Isi Hatiku
  5. Impian
  6. Semesta
  7. Berjalan Sendiri
  8. Ku Kan Tetap Ada Disini
  9. Hanya Kenangan
  10. Percayakan Cinta Kita
PerADAban adalah salah satu album musik kedua karya ADA Band. Dirilis pada tahun 1999. Lagu utamanya ialah Bilakah?. Setelah vakum 3 tahun, mereka meluncurkan album yang kemudian berhasil mengangkat nama mereka, PerADAban. Formasi mereka masih utuh, ada Baim, Dika, Iso, Krishna dan Eel. Single pertama album ini Oughh..!! berhasil mencuri hati pendengar musik Indonesia, disusul single kedua Bilakah dan Tinggalkanlah Cinta.
  1. Oughh...!!
  2. Bawalah Anganku
  3. Bilakah?
  4. Putih
  5. Jalan Hidupmu
  6. Tinggalkanlah Cinta
  7. Pastikan Cinta Kita
  8. Selamanya
  9. Bukan Saatnya
  10. Ayoe-ku

Tiara adalah album terakhir ADA Band sebelum terjadi perubahan ekstrim pada formasi personil mereka. ADA Band hanya memiliki 4 personil saat penggarapan album ini, yaitu Baim (gitar, vokal), Krisna (keyboard, piano), Dika (bass, vokal), dan Rama (drum).

Album ini melibatkan beberapa efek gitar dan keyboard tingkat lanjut yang selema beberapa waktu mereka pelajari khusus dalam penggarapan album ini. Menjelang penggarapan materi album Tiara ini, ADA Band kehilangan 2 personilnya, yaitu Iso (keyboard), dan Eel (drum) yang saat itu digantikan Rama, sementara posisi keyboard yang sebelumnya melibatkan 2 personil kini hanya ditangani oleh Krisna saja.

Beberapa lama setelah rilis album ini, Baim membubarkan ADA Band dan merilis album solonya bertajuk Fresh yang mana hampir semua instrumen dimainkannya sendiri, dan dibantu Rama dalam permainan drum.

Album ini menghasilkan beberapa hit seperti Tiara, 1000 Bayang, Dewi Cinta, dan Belenggu Dan Cinta.

Metamorphosis adalah album yang pertama diluncurkan ADA Band dengan formasi baru mereka, Donnie Sibarani (vokal), Krishna Balagita (keyboard), Marshal Surya Rahman (gitar), Suriandika Satjadibrata (bass), dan Rama Yaya Moektio (drum), berlabel EMI Indonesia. Album ini dirilis pada tahun 2003, di tahun yang sama Baim mantan vokalis Ada Band juga merilis album solonya yang pertama berjudul Refresh.

Nama Metamorphosis diambil sebagai lambang kebangkitan kembali mereka setelah sebelumya sempat dikabarkan bubar.

Ada Band memperkenalkan corak musik baru sejak merilis album ini, yaitu musik yang easy listening dengan iringan dasar suara piano yang mengusung tema cinta dan romantika.

Album ini menghasilkan beberapa hit seperti Masih (Sahabatku Kekasihku), Biarkan Ku Pergi dan Manja.

  1. "Kaulah" (Krishna Balagita)
  2. "Masih‘’(Sahabatku Kekasihku) (Krishna Balagita/Donnie&Krishna)
  3. "Seberkas Kisah Lalu‘’ (Krishna Balagita)
  4. "Manja" (Suriandika/Krishna Balagita)
  5. "Terbuai" (Rama Yaya/Krishna Balagita)
  6. "Tinggalkan Saja Dia" (Marshal/Donnie)
  7. "Sungguh Ku Ingin Berlari" (Krishna Balagita)
  8. "Raihlah Wangi Dunia" (Krishna Balagita)
  9. "Kekasihmu Yang Lain" (Dika)
  10. "Biarkan Ku Pergi" (Krishna Balagita)
Discography adalah album dari ADA Band yang diluncurkan pada tahun 2003.
  1. Jadikan Aku Raja
  2. Seharusnya
  3. Masih (Sahabatku Kekasihku)
  4. Bilakah
  5. 1000 Bayang
  6. Seberkas Kisah Lalu
  7. Ough!!
  8. Belenggu dan Cinta
  9. Salahkah
  10. Manja
  11. Tiara
  12. Kemanakah
Heaven of Love merupakan album musik keenam karya ADA Band. Dirilis pada 1 Oktober 2005.
  1. Yang Terbaik Bagimu (ft. Gita Gutawa)
  2. Manusia Bodoh
  3. Kau Auraku
  4. Setengah Hati
  5. Hitam & Putih
  6. Kencan Rahasia
  7. Kau & Keajaiban Kecilmu
  8. Tak Bisa Lagi Menyayangmu
  9. Penjara Jiwa
  10. Jangan Egomu kau Paksakan
  11. Segudang Cinta
  12. Langit Tujuh Bidadari
Romantic Rhapsody adalah album musik ketujuh karya ADA Band dirilis tahun 2006. Yang menjadi lagu unggulan adalah lagu Karena Wanita (Ingin Dimengerti) ang juga dijadikan lagu tema film D'Girlz Begins.
  1. Surga Cinta
  2. Haruskah ku Mati
  3. Karena Wanita (Ingin Dimengerti)
  4. Senandung Lagu Cinta
  5. Pemburu Cinta
  6. Pura-Pura Cinta
  7. Setingginya Nirwana
  8. Nadia
  9. Singgasana Cinta
  10. 1001 Cara
  11. Sayang
  12. Jalan Cahaya

Cinema Story adalah album musik kedelapan karya ADA Band yang dirilis tahun 2007. Lagu utamanya ialah Nyawa Hidupku. Album ini merupakan lagu pengiring dari film Selamanya yang dibintangi oleh Julie Estelle dan Dimas Seto.


  1. Akal Sehat
  2. Semenit Waktu
  3. Belahan Jiwa
  4. Lari Dari Kenyataan
  5. Nyawa Hidupku
  6. Kau Dan Dirinya
  7. Hitam Dan Putih
  8. Tak Bisa Lagi Menyayangmu
  9. Surga Cinta
  10. Setengah Hati
  11. Senandung Lagu Cinta
  12. Penjara Jiwa
Harmonious merupakan sebuah album musik kesembilan karya ADA Band. Dirilis pada bulan Juli 2008. Lagu utamanya di album ini ialah Baiknya.
  1. Armada Masa Depan
  2. Baiknya
  3. Musik
  4. Pemain Cinta
  5. Pesona Potretmu
  6. Bukan Cinta Sempurna
  7. Mimpi
  8. Cinta Sempurna
  9. Hati Tunggal
  10. Kuat Dahsyat
  11. Suara Kecewa
Mystery of Musical adalah album musik kesepuluh karya ADA Band. Dirilis tahun 2009 dengan hits singel lagu yang berjudul Pemujamu.
  1. Biar Mampus Saja
  2. Pemujamu
  3. Misteri
  4. Masih Adakah Cinta
  5. Cinta Masih Bisa Tersenyum
  6. Buang Saja Ragu
  7. Semakin Dekat
  8. Belahan Jiwa
  9. Mimpi
  10. Pesona Potretmu
  11. Armada Masa Depan
Ini hanya sebagian saja, tentunya masih banyak lagi tentang ADA Band yang belum saya ketahui.

GOOD KUCK

Tidak ada komentar:

Blogger Widgets