Search

Sabtu, 15 Januari 2011

The LEGEND




The Beatles adalah salah satu grup musik rock populer sekaligus paling berpengaruh di era modern. Beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr, kebanyakan lagu mereka ditulis oleh Lennon dan McCartney. Popularitas mereka sedemikian tingginya di Britania Raya sehingga di tahun 1963 pers menelurkan istilah "Beatlemania". Mereka juga kemudian meraih sukses di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Dibentuk di Liverpool tahun 1959 dengan formasi awal John Lennon (Vokal, Gitar), Paul Mc Cartney (Vokal, Gitar), George Harrison (Vokal, Gitar), Stuart Sutcliffe (Bass) dan Pete Best (Drum). Namun tak lama kemudian Stuart Sutcliffe mengundurkan diri (hijrah ke Jerman dan menikahi Astrid Kircherr dan meninggal disana tahun 1962 akibat pendarahan di otak). Lalu pada tahun 1962 Pete Best hengkang dari The Beatles, dan posisinya digantikan oleh Richard Starkey alias Ringo Starr

Manager The Beatles, Brian Eipstein, pertama kali mengenal Beatles lewat banyaknya request pembeli piringan hitam di toko musiknya. Pertama kali Brian mencoba menawarkan Beatles kepada Decca Record, label besar perusahaan rekaman kala itu. Audisi bisa didapat, hanya saja manajemen Decca berpendapat bahwa kelompok musik gitar sudah lewat masa tenarnya. Kendati keempat pemuda menjadi patah arang, Brian akhirnya bisa mendapatkan audisi bagi mereka di satu label rekaman, Parlophone, yang sejatinya adalah perusahaan rekaman untuk siaran radio. George Martin, manajer Parlophone, setuju, dan dimulailah perekaman untuk album pertama The Beatles yang bertajuk "Please Please Me". Lagu Please Please Me dan Love Me Do merupakan andalan untuk album tersebut.

Album :

- Please Please Me

Please Please Me adalah album pertama yang dirilis oleh The Beatles pada tahun 1963, oleh Parlophone Records, menyusul sukses yang diraih singel 'Love Me Do' (peringkat 17) dan 'Please Please Me' (peringkat 1) di tangga lagu Inggris. Album ini dengan cepat membawa The Beatles menuju kepopuleran di Inggris. Dari 14 lagu yang terdapat pada album ini, delapan di antaranya diciptakan oleh John Lennon dan Paul McCartney. Di tahun 2003, Rolling Stone lewat Daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa menempatkan album ini di peringkat ke 39.

Rekaman

Album Please Please Me adalah album yang paling cepat dikerjakan oleh The Beatles, yaitu hanya dalam satu hari di hari Rabu, 11 Februari 1963 di studio Abbey Road London. Lagu-lagu dalam album ini adalah repertoar lagu yang sering mereka nyanyikan di konser-konser mereka di Cavern Club, Liverpool. Lagu 'Twist and Shout', yang direkam terakhir kali, hanya direkam dua kali, dengan memakai versi pertamanya, karena Lennon, sang vokalis, flu.Maka lagu itu akhirnya di bawakan oleh Mc.cartney.

Lagu

Semua lagu di bawah adalah ciptaan McCartney/Lennon, atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Lennon/McCartney pada album kedua mereka.

Side 1

1. I Saw Her Standing There
2. Misery
3. Anna (Go to Him) - Arthur Alexander
4. Chains - Gerry Goffin / Carole King
5. Boys - Luther Dixon / Wes Farrell
6. Ask Me Why
7. Please Please Me


Side 2

1. Love Me Do
2. P.S. I Love You
3. Baby It's You - Mack David / Barney Williams / Burt Bacharach
4. Do You Want to Know a Secret
5. A Taste of Honey - Bobby Scott / Rick Marlow)
6. There's a Place
7. Twist and Shout - Bert Russell / Phil Medley


- With the Beatles

- A Hard Day's Night

- Beatles for Sale

- Help!

- Rubber Soul

Rubber Soul adalah album oleh kelompok musik dari Britania Raya, The Beatles, yang diterbitkan pada Desember 1965. Album ini direkam dalam waktu sekitar empat minggu agar dapat diedarkan sebelum Natal, dan diproduksi oleh George Martin.

Side one

1. "Drive My Car" SAMPLE (123k)
2. "Norwegian Wood (This Bird Has Flown)" SAMPLE (136k)
3. "You Won't See Me", featuring Mal Evans on Hammond
4. "Nowhere Man" SAMPLE (144k)
5. "Think For Yourself" (Harrison)
6. "The Word", featuring George Martin on harmonium
7. "Michelle"

Side two

1. "What Goes On" (Lennon-McCartney-Starkey)
2. "Girl"
3. "I'm Looking Through You"
4. "In My Life" SAMPLE (217k), featuring George Martin on piano
5. "Wait"
6. "If I Needed Someone" (Harrison)

- Revolver

Revolver adalah album ketujuh The Beatles, diterbitkan pada 5 Agustus 1966. Album ini mencapai peringkat 1 di tangga UK dan AS.

Album inilah "magnum opus" sebenarnya dari The Beatles. Majalah MOJO menyebut album ini sebagai: "Sebuah epik, pencapaian tertinggi yang pernah dicapai oleh musik barat"

Daftar lagu

1. "Taxman" – 2:39
2. "Eleanor Rigby" – 2:07
3. "I'm Only Sleeping" – 3:01
4. "Love You To" – 3:01
5. "Here, There and Everywhere" – 2:25
6. "Yellow Submarine" – 2:40
7. "She Said She Said" – 2:37
8. "Good Day Sunshine" – 2:09
9. "And Your Bird Can Sing" – 2:01
10. "For No One" – 2:01
11. "Doctor Robert" – 2:15
12. "I Want to Tell You" – 2:29
13. "Got to Get You into My Life" – 2:30
14. "Tomorrow Never Knows" – 2:57

- Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band

Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band ialah sebuah album yang diluncurkan The Beatles. Merupakan album ke-9 The Beatles yang diluncurkan di Britania Raya. Diluncurkan pada 1 Juni 1967, dan tetap di peringkat atas tangga lagu selama 26 minggu. Mengandung sejumlah track terkenal seperti "When I'm Sixty Four" oleh Paul McCartney "When I'm Sixty-Four" dan kolaborasi Lennon/McCartney "A Day in the Life." Album ini dicap oleh berbagai kalangan sebagai masterpiece terbaik The Beatles, serta salah satu album terbaik sepanjang masa. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band adalah salah satu album paling berpengaruh bagi industri musik hingga kini, oleh karena inovasi-inovasi baru yang dilakukan The Beatles dalam membuat album ini. Album ini dibuat dalam waktu 700 jam, dan sebagian besar lagu-lagunya tidak dapat dimainkan secara live pada masa itu.

Latar Belakang

Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band adalah album pertama The Beatles setelah mereka berhenti melakukan tur konser di tahun 1966. Keputusan ini diambil setelah begitu gencarnya kontroversi 'bigger than Jesus' yang berawal dari wawancara John Lennon dengan Maureen Cleave di tahun 1966, serta semakin tidak teraturnya konser mereka. Di tur-tur konser The Beatles, suara fans yang berteriak begitu keras sehingga penonton, dan bahkan The Beatles sendiri, tidak dapat mendengar suara mereka sendiri. Karena itu, The Beatles menjadi band studio.

Banyak kalangan meragukan kelangsungan The Beatles setelah berhenti dari tur. Namun band ini menjawabnya dengan singel Strawberry Fields Forever / Penny Lane yang menggebrak. Singel ini memang amat berbeda dari musik masa moptop mereka yang berkisar antara 'I-you-love'. Selain itu, setiap personel The Beatles mulai terbuka akan aliran musik lain di samping musik rock 'n' roll yang menjadi ciri khas mereka. The Beatles mulai mengeksplorasi aliran musik lain, seperti folk, R & B, jazz, swing, dan lain-lain.

The Beatles juga terdorong dari kemajuan band 'saingan'nya, yaitu The Beach Boys dengan album Pet Sounds yang menggemparkan. Album Pet Sounds memuat teknologi-teknologi baru, inovasi dan terobosan baru yang membuat The Beatles bersemangat untuk melampaui mereka. Paul McCartney mengakui ini dalam berbagai wawancara, bahwa Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band berawal dari keinginan band ini untuk membuat album yang melampaui Pet Sounds.

Instrumen

Alat-alat musik yang digunakan oleh The Beatles semakin beragam, bila dibandingkan dengan pada masa awal kepopuleran mereka, yang hanya menggunakan gitar, bas dan drum, serta harmonika pada beberapa lagu. Di album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band, band ini juga menggunakan beragam alat musik India dalam lagu 'Within You Without You', klarinet di 'When I'm Sixty-Four', alat musik gesek di 'She's Leaving Home', harpsicord di 'Fixing a Hole', harmonium di 'Being the Benefit of Mr. Kite' dan masih banyak lagi. Penggunaan instrumen yang paling mencolok mungkin terlihat pada lagu 'A Day in the Life', yang oleh banyak orang dianggap sebagai masterpiece dari album ini. Pada lagu ini, terdapat orkestra alat musik gesek yang semakin keras (crescendo) yang sangat megah, diakhiri oleh tiga piano yang ditekan bersamaan.

Tema dan Konsep Album

Konsep yang diajukan oleh Paul McCartney untuk album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band amat orisinil. Konsepnya adalah memiliki sebuah band keliling bersama sirkus, yaitu Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club. Konsep ini terlihat jelas pada cover album. Dalam tracklistnya, hanya ada 3 yang sesungguhnya esensial dalam membangun konsep ini, yaitu Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band, With a Little Help from My Friends, dan Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (reprise).

Cover Album

Cover album Sgt. Pepper's adalah salah satu yang terbaik hingga kini. Cover album itu memperlihatkan puluhan orang-orang terkenal yang dipilih oleh The Beatles sendiri, The Beatles dalam pakaian karnaval, dan juga patung lilin The Beatles masa moptop. Foto-foto itu ditempel secara kolase, memperlihatkan gambaran akan sebuah 'band' yang berkeliling bersama. Di antara foto-foto itu terdapat Edgar Allen Poe, Mae West, Karl Marx, dan lain-lain. Ada beberapa foto yang diinginkan oleh personel The Beatles namun akhirnya tidak masuk ke dalam cover itu, seperti Adolf Hitler, Mahatma Gandhi dan Yesus Kristus.

Daftar lagu
Sisi pertama

1. "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band" – 2:02
2. "With a Little Help from My Friends" – 2:44
3. "Lucy in the Sky with Diamonds" – 3:28
4. "Getting Better" – 2:47
5. "Fixing a Hole" – 2:36
6. "She's Leaving Home" – 3:35
7. "Being for the Benefit of Mr. Kite!" – 2:37

Sisi kedua

1. "Within You Without You" (Harrison) – 5:05
2. "When I'm Sixty-Four" – 2:37
3. "Lovely Rita" – 2:42
4. "Good Morning Good Morning" – 2:41
5. "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (Reprise)" – 1:18
6. "A Day in the Life" – 5:33

- The Beatles ("The White Album")

- Yellow Submarine

- Abbey Road

Abbey Road adalah album rekaman resmi The Beatles ke-sebelas. Abbey Road mulai dikerjakan pada April 1969, yang membuatnya menjadi album terakhir atau ke-duabelas yang direkam oleh The Beatles. Namun, Let it Be merupakan album terakhir yang dirilis oleh grup ini sebelum pembubarannya pada tahun 1970. Abbey Road dirilis pada 26 September 1969 di Britania Raya dan 1 Oktober 1969 di Amerika Serikat. Album ini diproduseri oleh George Martin untuk Apple Records. Geoff Emerick menjadi penata suara, Alan Parsons sebagai asisten penata suara, dan Tony Banks sebagai pengopersi kaset.[1] Majalah Rolling Stone mendaftarkan album ini sebagai album terbaik ke-14 sepanjang masa.

Side one

"Come Together"
"Something"
"Maxwell's Silver Hammer"
"Oh! Darling"
"Octopus's Garden"
"I Want You (She's So Heavy)"

Side two

"Here Comes the Sun"
"Because"
"You Never Give Me Your Money"
"Sun King"
"Mean Mr. Mustard"
"Polythene Pam"
"She Came in Through the Bathroom Window"
"Golden Slumbers"
"Carry That Weight"
"The End"
"Her Majesty"

&

- Let It Be

Masih kurang.? Tp sayangnya tidak ada link untuk anda agar bisa menjelajahi The Legend ini.hha
Untuk info, cari di Wikipedia

GOOD LUCK

Tidak ada komentar:

Blogger Widgets